Selasa, 25 Agustus 2009

Teknophoria

Waktu adalah sosok makhluk yang paling 'sombong'. Bagaimana tidak, ia selalu berjalan ke depan tanpa mau sedikit pun menengok ke belakang apalagi sekedar berhenti meski barang sesaat. Ia kan terus berjalan berdampingan dengan peradaban manusia yang terus berdinamika. Manusia terus berkembang tuk mencapai satu kesempurnaan dalam hidup. Meskipun hal itu adalah sebuah perkara yang utopis, namun itulah yang terus membuat usaha manusia terus bergulir tanpa punya alasan untuk berhenti berbuat.

Banyak contoh hasil dari progresivitas akal, budi, dan karsa manusia. Teknologi salah satunya. Teknologilah yang membuat kita mengenal lampu, televisi, motor penggerak kendaraan, sampai dengan roket.

Kemudian pengamatan kita akan semakin mengerucut dengan memperhatikan internet sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dunia seolah dibuat semakin sempit olehnya. Setiap hari, jutaan informasi berkeliaran dengan bebas di dalamnya. Internet tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tapi juga oleh pemuda bahkan anak-anak sekalipun. Dan yang menarik lagi, dalam internet terdapat suatu situs pertemanan yang digandrungi oleh puluhan juta membernya di seluruh dunia. Ya, situs itu bernama facebook.

Seperti apakah facebook itu? Apakah manfaatnya bagi kita? Dan adakah kerugiaannya?

1 komentar: